Let’s Split: Berpindah-pindah pulau di Kroasia sangat menyenangkan | Liburan Kroasia | KoranPrioritas.com

oleh -7 views
Let’s Split: Berpindah-pindah pulau di Kroasia sangat menyenangkan |  Liburan Kroasia
 | KoranPrioritas.com

Cpantai roatia terdiri dari 1.200 pulau – beberapa di antaranya glamor dan berhotel, beberapa berupa bebatuan besar yang diselimuti oleh burung camar. Beberapa untuk naturis, beberapa untuk nelayan, beberapa memiliki laguna yang sangat biru sehingga terlihat seperti Photoshop. Cara yang paling masuk akal dan terjangkau untuk melakukan perjalanan antar pulau ini adalah dengan feri dan, tahun depan, perjalanan akan menjadi lebih masuk akal. Perusahaan feri nasional Kroasia Jadrolinija menggunakan listrik. Dirancang untuk mengangkut masing-masing hingga 1.000 penumpang dan 156 mobil, feri baru akan beroperasi antara Split dan pulau-pulau terdekatnya. Dan selain mengeluarkan lebih sedikit gas berbahaya, mereka berjanji untuk mempersingkat waktu perjalanan hingga setengah jam. Saatnya untuk mulai merencanakan perjalanan Anda.

Saya mulai di Split, selama seminggu menjelajahi pulau. Saya dan keluarga saya punya satu hari untuk membunuh di sana sebelum feri sore kami – kami segera mengutuk diri sendiri karena tidak menambahkan dua atau tiga lagi. Kami berjalan melalui jalan-jalan batu kapur putih Kota Tua, dan melakukan tur ke Istana Diocletian, sebuah situs Warisan Dunia Unesco yang berasal dari tahun 295 M (dan lokasi film baru-baru ini untuk Permainan Takhta). Dengan lebih dari 200 bangunan dalam ruang tertutup seluas delapan hektar, “istana” itu adalah kota mini tersendiri, jalinan jalan dan bar serta rumah yang luar biasa yang bersandar dengan mabuk di tembok kuno.

Akar kuadrat: piazza putih di Hvar. Foto: Getty Images

Terlalu cepat, kami naik feri ke kota Hvar, dan berkendara ke pedalaman dari pelabuhan, dengan piazza putihnya yang glamor, melalui lereng bukit hijau yang dikelilingi oleh kebun zaitun, kebun anggur, dan ladang lavender, sampai kami mencapai titik tertinggi di pulau itu. Mencondongkan tubuh untuk melihat laut, angin sepoi-sepoi membuatku gugup. Makan siang di Konoba Kokot di Dol, di meja di taman belakang rumah keluarga, daging domba dimasak sepanjang pagi dalam panci yang ditutupi abu, dan sebanyak mungkin grappa yang bisa kami minum dengan sopan. Kemudian, sebuah speedboat membawa kami menuju pulau Pakleni yang kecil tanpa mobil.

Di Sveti Klement, salah satu restoran paling terkenal di Dalmatia berkembang untuk menawarkan sejumlah kecil kamar mewah bagi mereka yang tidak ingin pulang. Kami adalah tamu pertama di Zori Abadi, di rumah mungil kita sendiri sewarna tanah liat, dengan kolam mungil kita sendiri sewarna langit. Burung merak berkicau, dan kami makan ikan bakar saat matahari terbenam. Kepulauan kecil ini terkadang diterjemahkan dengan buruk sebagai “Pulau Neraka”, meski terasa sangat mirip surga.

Dia adalah Brac.
Permata Laut Adriatik: Bol di Brac. Foto: Tuul dan Bruno Morandi/Alamy

Laut Adriatik, meskipun penduduk setempat mengeluhkan cuaca paling buruk yang pernah mereka lihat selama bertahun-tahun, berwarna biru tua dan berkilauan. Dengan sangat cepat kami menjalin hubungan asmara yang serius dengan perahu. Speedboat adalah yang terbaik, tiba di satu pulau bahkan sebelum kami meninggalkan yang terakhir. Tapi feri juga glamor, dengan tempat duduk terbuka dan bar kecil yang apik, dan es krim. Pasangan lansia berpegangan tangan di dek atas, anak-anak saya membuat kekacauan di bawah.

Malam berikutnya kami naik feri lagi ke Brač, lalu berkendara melintasi pulau di bawah sinar bulan ke sebuah kota bernama Bol. Kami check-in ke flat mandiri bernama Biru langit, di atas bukit terjal yang mengarah ke laut. Kawasan pejalan kaki Bol membawa Anda menyusuri pantai sampai ke pantai Zlatni Rat, yang bersandar ke hutan pinus dan digambarkan sebagai yang terindah di Kroasia. Kami berada di sini di luar musim, pantai kosong, kucing-kucing lapar, matahari terbenam cabul.

Zori Abadi di Sveti Klement.
‘Kami makan ikan bakar saat matahari terbenam’: Zori Abadi di Sveti Klement

Dari Bol ke Supetar, dan feri mobil kembali ke Split, tempat kami menetap untuk makan malam Konoba Varossebuah restoran tua dengan bilik kayu dan piring-piring besar makanan laut, lalu bermalam di Cornaro hotel di Kota Tua. Kami mengambil langkah terakhir melewati alun-alun untuk mengucapkan selamat tinggal pada laut. Saat feri yang berangkat ke Korcula keluar dari pelabuhan, sebuah keluarga melambai dengan liar dari geladak, dan kami, yang berangkat ke London, balas melambai dengan liar.

Lompatan mudah dari Split

Tiga pulau lagi untuk hiking, bersepeda, dan melihat luwak

Pantai indah di tepi laut Koiza, Pulau Vis, Kroasia
‘Terputus dari pengunjung asing sampai tahun 1989’: Vis. Foto: Getty Images

Vis Vis yang cantik adalah pulau Kroasia terjauh dari pantai, dan terputus dari pengunjung asing hingga tahun 1989. Ketenangan dan kurangnya pembangunan dengan cepat menjadi daya tarik utamanya sebagai tujuan wisata – pengunjung berbondong-bondong ke Gua Biru yang terkenal, dengan warna birunya yang tidak wajar. lampu. Popularitas pulau itu tumbuh kembali setelah film tersebut dirilis pada tahun 2018 Mama Mia! Aduh, terjadi lagidifilmkan di sini, dengan pulau yang ditata ulang sebagai resor Yunani.

Pemandangan Mediterania di Pulau Solta, Kroasia.
‘Menyenangkan menggambar di musim panas’: Solta. Foto: Alamy

Menjatuhkan Pulau kecil Solta sangat cocok untuk hiking dan bersepeda, dengan jalur sempit yang berkelok-kelok melalui hutan, daya tarik yang sangat menyenangkan di tengah teriknya musim panas. Ada kebun zaitun, kebun anggur, dan pilihan pantai yang masih alami, serta pantai yang lebih ramai di Rogač, pelabuhan feri utama untuk layanan reguler (dan terjangkau) dari Split.

Teluk desa Prozurska luka di pulau Mljet, Kroasia
‘Parfum pinus Aleppo memenuhi udara’: Mljet. Foto: Jimmy Lung/Getty Images

Mljet Dijuluki Pulau Hijau karena hutan pinus Aleppo yang kaya – aromanya memenuhi udara. Taman nasional Mljet menempati sebagian besar pulau, tetapi ada juga beberapa desa, dua danau air asin, dan sebuah biara Benediktin. Dimungkinkan untuk berjalan-jalan sepanjang hari dan tidak melihat apa-apa selain luwak – mereka bebas berkeliaran di sini setelah dibawa masuk untuk menyingkirkan pulau ular.