‘Hanya 11 orang lainnya yang telah menyelesaikannya’: bersepeda di European Divide sejauh 7.600 km | Liburan bersepeda | KoranPrioritas.com

oleh -7 views

Last musim panas I bersepeda 7.600 km (4.722 mil) di sepanjang rute yang disebut Jalur Pembagian Eropa, yang melintasi sembilan negara, mulai dari Arktik Norwegia hingga pantai Atlantik di Portugal, sebagian besar berkemah di sepanjang jalan. Ide tersebut dipicu oleh sebuah artikel yang saya lihat di internet – di sebuah website bernama bikepacking.com. Perlahan-lahan saya beralih dari berpikir, “Kelihatannya keren”, menjadi, “Saya akan melakukannya.” Kelihatannya agak gila, tapi entah kenapa beberapa bulan kemudian, di bulan Juni 2022, hal itu terjadi! Aku pergi selama tiga bulan—dan aku bahkan membujuk temanku Max untuk ikut selama tiga minggu pertama.

Saya telah melakukan beberapa bikepacking perjalanan di masa lalu, tetapi biasanya hanya beberapa malam. Suatu kali saya melakukan perjalanan sembilan hari, bersepeda dari rumah saya di Pembrokeshire ke puncak Snowdon dan kembali, tetapi saya mengalami waktu yang sangat buruk dan sepi sendirian. Entah bagaimana hal itu tidak membuat saya kecewa… Juga, sungguh keberuntungan yang luar biasa bahwa saya bertemu Anna dari Sheffield, yang bersepeda dengan rute yang sama, pada hari pertama jalur European Divide.

Anna, Jacob dan Max

Saya memiliki sepeda gunung dan pengaturan pengepakan sepeda dasar, dan bertujuan untuk bersepeda rata-rata 100 km sehari. Dengan hanya 90 hari di Eropa untuk melakukan perjalanan – semua yang diizinkan oleh paspor Inggris pasca-Brexit saya – saya pikir saya akan menghabiskan 86 hari berkuda dan memiliki pasangan untuk dicadangkan di kedua ujungnya. Pada beberapa hari saya akan bersepeda lebih banyak – 120, 130, bahkan 140km – dan pada hari lain, ketika kami mencapai pegunungan, jauh lebih sedikit.

Rusa dalam perjalanan di Finlandia
Bersepeda melintasi Sungai Muonio di Finlandia
Berkemah di jalan setapak di Swedia
Menyeberangi sungai di Swedia

Rute ini dirancang oleh seorang pria Inggris bernama Andy Cox pada tahun 2021 agar serupa dengan jalur sepeda gunung Great Divide di AS. Itu dimulai di Grense Jakobselv, jauh di Lingkaran Arktik di Norwegia dan dekat perbatasan Rusia, kemudian melewati Norwegia, Finlandia, Swedia, Denmark, Jerman, Prancis, Swiss, dan Spanyol, hingga Cabo de São Vicente di Portugal.

Terjebak di hutan di Jerman

Sekitar dua pertiganya adalah off-road, beberapa bagian cukup berbatu dan teknis, dan melewati banyak daerah yang cukup terpencil di Skandinavia dan pegunungan Spanyol. Itu tidak mengikuti pembagian benua geografis, tetapi, seperti yang dikatakan situs web, itu “melintasi banyak perbedaan budaya, politik, ekonomi dan lingkungan”, dan merupakan rute bikepacking off-road terpanjang di dunia.

Titik awalnya agak aneh, dengan kamera CCTV dan pos pemeriksaan militer – tetapi Max dan saya bersepeda menuruni bukit dan segera mencapai pantai, tempat kami berenang di laut. Itu adalah desas-desus untuk memulai.

Anna mempelajari rute dengan peta
Perbaikan sepeda
Melintasi hutan tak berujung di Swedia

Pada hari pertama kami, saat kami duduk makan siang, kami mulai berbicara dengan Anna, yang sendirian dan ternyata bersepeda di Divide juga. Tidak banyak orang yang melakukannya – saya hanya berpikir 12 telah menyelesaikannya sejauh ini – jadi ini sangat kebetulan dan kami bergabung, yang luar biasa. Saya tidak yakin di mana saya akan berakhir seandainya saya sendirian setelah Max pergi.

Anna makan saat istirahat
Anna mencuci di air mancur, pegunungan Vosges, Prancis

Medannya bervariasi: hutan tak berujung, danau, sungai, dan jalan tanah di Skandinavia, lalu tanah pertanian, hutan, padang rumput, dan padang rumput di Eropa tengah, dan akhirnya semenanjung Iberia yang beragam (titik tertinggi berada di Spanyol timur sekitar 2.000 m) . Kami hanya berada di Norwegia selama beberapa hari, bersepeda cukup dekat dengan pantai. Itu indah, semua fjord dan tebing besar, dan kami berkemah di hutan (perkemahan liar legal di Norwegia, Finlandia, dan Swedia). Lalu tiba-tiba kami berada di Finlandia – penyeberangan perbatasan ternyata sangat lancar – di mana kami bersepeda melintasi hutan selama sekitar empat hari. Rute kemudian menuju Swedia, tempat kami menghabiskan waktu tiga minggu.

Bersepeda melalui Offwiller, Prancis

Denmark cukup santai, tapi Jerman keras! Sangat keras. Di beberapa tempat, jalan setapak tidak bisa dilalui. Suatu hari kami memiliki bentangan 2 km di mana pohon-pohon telah ditebang melintasi jalur – ratusan demi ratusan pohon. Kami membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengangkat sepeda berat kami ke setiap sepeda. Pada yang terakhir Anna terjatuh, langsung berlutut dengan sepedanya di atas. Itu adalah poin yang rendah, pasti.

Pondok gunung Refuge d'Altmatt, Vosges, Prancis
Bersepeda dekat Rochejean di Perancis

Seiring berjalannya rute, kami berpindah dari daerah yang lebih datar di utara ke daerah yang lebih bergunung-gunung di selatan. Namun meski naik turun itu sulit, pemandangannya menjadi semakin menarik. Saya pikir pegunungan Prancis dan Spanyol adalah tempat favorit saya. Vosges, Jura, Pyrenees, dan Sierra de Javalambre cukup istimewa. Ada sesuatu yang menakjubkan tentang mencapai tempat perlindungan kecil dengan pemandangan matahari terbenam untuk Anda sendiri setelah mengendarai dan mendorong sepeda Anda menanjak selama satu atau dua hari penuh. Sepanjang rute, kami pergi ke tempat-tempat yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda – kota-kota kecil dan desa-desa yang biasanya tidak dikunjungi turis.

Anna mendorong sepeda di Catalonia, Spanyol

Dan, tentu saja, orang-orang yang Anda temui di sepanjang jalan dan kebaikan orang asing tetap bersama Anda. Tantangan terbesar adalah menemukan makanan dan air berhenti. Suatu pagi di Swedia di antah berantah kami diselamatkan oleh pasangan Belanda yang paling baik, Marten dan Karin. Setelah mencapai toko yang tutup pada malam sebelumnya, persediaan kami hampir habis, dan mereka bersikeras agar kami mengambil paket biskuit pencernaan dan cokelat batangan untuk membuat kami terus berjalan. Di Swedia seorang pria dengan perahu kecil membantu kami menyeberangi Sungai Lainio karena kami ketinggalan feri. Di Jerman, seorang pria bernama Benni memberi kami tempat untuk berkemah di tanah keluarganya dan makanan pada suatu malam, dan kami bertemu banyak orang baik dan menarik lainnya ke mana pun kami pergi.

Danau berenang di Jokkmokk, Swedia

Saran saya kepada siapa pun yang berpikir untuk melakukan petualangan besar adalah: lakukan saja. Saya tidak melakukan terlalu banyak persiapan – sebagian besar energi saya digunakan hanya untuk membawa diri saya sendiri ke titik awal. Saya pikir saya bisa mengerjakan semua hal lain dari sana, selama saya memiliki dasar-dasarnya. Saya memiliki peta dan merencanakan setiap hari saat saya pergi, mencari desa dan tempat berhenti untuk perbekalan di sepanjang jalan. Saya sangat senang memiliki Anna bersama saya sehingga kami dapat bekerja sebagai tim. Tentu saja, ada yang salah – mekanis dan fisik – tetapi kami memperbaikinya dan melanjutkan.

Atap di Molinos, Spanyol
Mencapai perbatasan Portugis

Mengenai pelatihan, pemikiran saya adalah: “Jika saya tidak cukup fit di awal, saya akan cukup fit di akhir.” Yang ternyata benar. Dalam waktu sekitar satu minggu bersepeda saya bisa merasakan tubuh saya benar-benar berbeda dari saat saya mulai, dan pada akhirnya jauh lebih banyak lagi. Cukup mengejutkan betapa cepatnya tubuh beradaptasi.

Sapi di Portugal

Meskipun saya mungkin tidak menyadarinya sampai saya kembali ke rumah, saya menjadi sangat percaya diri selama beberapa bulan itu. Karena banyaknya masalah yang diselesaikan dan pengalaman baru yang dialami, saya dapat melakukan hal-hal yang sekarang tidak dapat saya lakukan sebelumnya. Dan inilah beberapa pelajaran yang saya pelajari: peradaban tidak beradab; akan ada masalah – jejak akan mengajari Anda cara memperbaikinya; bawalah segulung penuh lakban; jangan pernah melewati tempat berenang yang bagus; lumasi rantai Anda; makan makan makan. Dan yang paling penting: orang asing berteman baik.

Jacob dan Anna di Vic, Catalonia

Wawancara oleh Jane Dunford

Untuk informasi lebih lanjut, peta dan kunjungan saran europeandividetrail.com. Waktu terbaik untuk mengatasi rute tersebut adalah dari akhir Mei atau awal Juni mulai di utara, atau dari akhir Maret atau awal April mulai di selatan.

Photobook Jacob dari perjalanannya, Strangers Make Great Friends, tersedia pada shop.midnowhere.co.uk. Kunjungi websitenya di midnowhere.co.uk